Temu Sapa Mahasiswa dan Dosen Teknik Industri T.A. 2021-2022

 

Dalam proses perkuliahan, mahasiswa tentunya akan membutuhkan support system yang dapat membantu mahasiswa untuk memiliki ketahanan dan resiliensi dalam menghadapi tantangan selama masa studi mereka. Salah satu mekanisme pendukung tersebut adalah adanya dosen pembimbing akademik yang menjadi salah satu fasilitas yang disediakan oleh Prodi Teknik Industri. Pembimbing akademik adalah dosen yang ditunjuk dan diserahi tugas membimbing sekelompok mahasiswa yang bertujuan untuk membantu mahasiswa menyelesaikan studinya secepat dan seefisien mungkin sesuai dengan kondisi dan potensi individual mahasiswa. Untuk mempelancar proses penasihatan, mahasiswa dan Pembimbing Akademik harus mengetahui apa yang menjadi fungsi, wewenang dan kewajiban bagi Pembimbing Akademik.

Mahasiswa angkatan pertama sampai dengan angkatan ketiga tentu memerlukan wawasan yang lebih mendetail mengenai hak dan kewajibannya selama menjadi mahasiswa, terutama terkait hubungan dengan dosen penasihat akademik. Acara temu sapa dengan dosen pembimbing akademik ini bertujuan untuk menjalin hubungan yang lebih akrab antara mahasiswa dengan dosen Pembimbing Akademik masing-masing, agar mahasiswa dan dosen pembimbing akademik mampu memahami peran masing-masing, sehingga dapat saling mendukung dalam proses perkuliahan.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk memetakan bakat dan minat mahasiswa Teknik Industri Univeristas Sari Mulia. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah untuk membangun sense of belonging mahasiswa terhadap jurusan, sehingga dalam jangka panjangnya akan menjadi alumni yang dapat berkontribusi untuk almameternya.

Kegiatan Temu Sapa Dosen Pembimbing Akademik ini dilaksanakan secara sederhana namun tetap dengan Protokol Kesehatan yang ketat. pada hari kamis, 06 oktober 2021 Bertempat di Lab. Praktikum Perancangan sistem kerja dan ergonomi lantai 4 Gedung D Universitas Sari Mulia. Kegiatan dibuka oleh ketua jurusan Teknik Industri Universitas Sari Mulia,  Muhammad Rizali, S.T., M.T., memaparkan tentang pentingnya hubungan yang terjalin baik antara dosen dan mahasiswa,  selaku koordinator bidang kemahasiswaan jurusan Teknik Industri (Nur Hidayah, S.T., M.T.,) Beliau juga menyampaikan mengenai hak dan kewajiban dosen pembimbing akademik dan mahasiswa, juga mengenai berbagai fasilitas di Universitas Sari Mulia yang dapat diakses oleh mahasiswa. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen Prodi Teknik Industri Universitas Sari Mulia, pengelola jurusan, serta mahasiswa tiga angkatan Program Studi Teknik Industri.

Kegiatan Temu Sapa ini diakhiri dengan ucapan perpisahan dari salah satu dosen pembimbing akademik (Ikna Urwatul Wusko, S.Si., M.Sc.,) karena tugas dan kewajiban beliau berakhir di awal semester ganjil 2021/2022 ini. selanjutnya mempersilakan setiap dosen pembimbing akademik untuk berkumpul dengan mahasiswa bimbingannya, untuk melakukan temu sapa dan juga melakukan konsultasi KHS dan KRS, kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dan rutin pada setiap tahun ajaran baru dan ditujukan bagi seluruh anak didik Program Studi Teknik Industri. Melalui kegiatan ini diharapkan civitas academica semakin memahami hak dan kewajibannya, serta dapat memberikan sumbangsih yang nyata bagi jurusan melalui prestasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *